Magento adalah salah satu platform eCommerce terkemuka yang terkenal dengan kustomisasi dan fitur-fitur canggihnya. Bersama dengan WooCommerce dan Shopify, mereka dianggap sebagai tiga platform eCommerce terbaik di dunia. Faktanya, setiap toko eCommerce teratas berbasis pada salah satu dari ketiga platform ini. Anda mungkin bertanya-tanya, mana yang terbaik di antara mereka?
Tidak ada jawaban sederhana untuk pertanyaan ini karena berbagai faktor harus dipertimbangkan. Dengan pengalaman yang cukup dalam eCommerce, kami telah melihat klien memilih migrasi dari Magento ke WooCommerce dan sebaliknya. Ada kasus di mana toko berbasis pada Shopify atau WooCommerce, tetapi klien aktif menjajaki solusi Magento.
Berdasarkan pengalaman kami, dapat disimpulkan bahwa platform terbaik akhirnya tergantung pada preferensi pribadi dan target pasar. Jika Anda telah memutuskan untuk memigrasikan toko Magento Anda oleh FME Extensions ke WooCommerce, Anda berada di tempat yang tepat. Artikel ini akan membahas segala sesuatu yang perlu diketahui tentang migrasi Magento ke WooCommerce dan banyak lagi.
Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Migrasi Toko Magento ke WooCommerce
Ada berbagai faktor yang harus Anda pertimbangkan sebelum migrasi. Jika toko Magento Anda kompleks, proses migrasi akan dua kali lebih kompleks. Volume dan jenis data akan mempengaruhi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan migrasi. Jika Anda menggunakan ekstensi khusus, Anda harus memastikan mereka kompatibel dengan WooCommerce.
Jika tidak, Anda harus mengidentifikasi alternatif untuk ekstensi yang harus digunakan. Migrasi akan memengaruhi visibilitas online Anda. Oleh karena itu, perhatikan struktur URL, meta title, meta description, dan aspek lainnya saat melakukan migrasi. Jika tidak, memulihkan peringkat Anda bisa menjadi tantangan.
Panduan Migrasi Toko Magento ke WooCommerce
Sebelum menjelaskan lebih lanjut, Anda memiliki tiga opsi.
Opsi 1 – Gunakan Plugin Ada berbagai plugin yang tersedia yang memungkinkan Anda untuk memigrasikan seluruh toko Magento Anda ke WooCommerce. Ini melibatkan pekerjaan minimal kecuali Anda perlu mengeluarkan uang untuk membeli plugin.
Opsi 2 – Gunakan Penyedia Layanan Migrasi Magento ke WooCommerce Opsi kedua melibatkan mencari perusahaan yang menawarkan layanan migrasi. Mereka akan menganalisis toko Anda dan memberikan penawaran. Hal terbaik tentang opsi ini adalah perusahaan akan bertanggung jawab untuk memastikan semua data kompatibel dengan WooCommerce. Mereka juga dapat membantu mengidentifikasi alternatif untuk ekstensi yang ada.
Opsi 3 – Migrasi Manual Ini adalah di mana Anda menangani proses migrasi sendiri.
Cara Migrasi dari Magento ke WooCommerce Secara Manual
Langkah 1 – Cadangkan Toko Magento Anda Langkah pertama adalah mencadangkan semua data yang Anda miliki di toko Magento Anda. Untungnya, Magento menawarkan fungsi bawaan untuk menyelesaikan cadangan. Untuk ini, Anda perlu:
- Pergi ke Admin Sidebar
- Pilih Sistem
- Pilih Alat
- Klik pada Cadangan
Ingat, karena Anda sedang memigrasikan seluruh toko, Anda perlu mencadangkan semuanya. Oleh karena itu, pastikan Anda mencentang opsi ‘Sertakan folder Media ke Sistem Cadangan’. Ini akan memastikan bahwa gambar dan media lainnya termasuk dalam proses cadangan.
Langkah 2 – Siapkan Toko WooCommerce Langkah berikutnya adalah menyiapkan akun WooCommerce. Untuk panduan terbaru, klik di sini. Panduan ini telah disusun oleh WooCommerce sendiri, memastikan bahwa instruksinya selalu mutakhir. Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda dapat mencari dukungan di forum terkait.
Langkah 3 – Ekspor dan Impor Data Langkah berikutnya melibatkan mengekspor data dari Magento. Pastikan Anda mengekspor produk, pesanan pelanggan, dan informasi pelanggan. Setelah proses ekspor selesai, validasi data untuk memastikan tidak ada ketidaksesuaian. Ingatlah untuk mengekspor data dalam format CSV. Setelah itu, format data untuk digunakan di WooCommerce.
Namun, ini tidak diperlukan dalam setiap kasus. Sekarang, menuju ke WooCommerce 🡪 Tambah Produk 🡪 Impor produk Anda dari file CSV. Anda dapat mengimpor produk menggunakan opsi ini tetapi untuk pesanan dan informasi pelanggan, Anda akan memerlukan plugin. Terakhir, validasi data yang diimpor.
Langkah 4 – Konfigurasi Pengaturan Tentu saja, Anda tidak dapat langsung menggunakan toko WooCommerce setelah mengimpor data. Anda perlu mengkonfigurasi berbagai pengaturan, mulai dari SEO hingga pengiriman. Kami sudah memiliki perpustakaan plugin WooCommerce yang mencakup berbagai aspek toko Anda. Mereka dapat mempermudah Anda, terutama dalam hal metode pengiriman dan penyesuaian tarif.
URL WooCommerce Anda perlu mirip dengan URL toko Magento. Namun, jika mereka tidak ramah SEO, kami merekomendasikan untuk mengubahnya. Anda dapat mengkonfigurasi URL di WooCommerce dengan menuju ke Pengaturan 🡪 Permalinks. Untuk menyesuaikan pengaturan email, pergi ke WooCommerce 🡪 Pengaturan 🡪 Email. Untuk pengaturan terkait akun pengguna dan privasi, pergi ke WooCommerce 🡪 Pengaturan 🡪 Akun & Privasi.
Langkah 5 – Lakukan Pengujian Langkah ini melibatkan pengujian fungsionalitas toko WooCommerce Anda. Pertama, verifikasi data. Anda dapat melakukannya dengan membandingkan jumlah produk di toko Magento Anda dan toko WooCommerce. Selanjutnya, periksa apakah harga dan deskripsi produk serupa. Gunakan alat audit SEO untuk mengidentifikasi masalah terkait SEO. Kerjakan masalah tersebut sebelum Anda membuat situs live.
Selain itu, gunakan alat kinerja untuk memantau kinerja toko, terutama waktu muat dan responsifitas mobile. Kami sangat merekomendasikan agar Anda melangkah melalui setiap langkah dari proses pembelian konsumen untuk memastikan pengalaman yang mulus. Ini juga akan membantu Anda mengidentifikasi masalah yang mungkin dihadapi pengguna. Pendekatan proaktif dapat membantu Anda menyelesaikan masalah jauh sebelum mereka mempengaruhi pengguna Anda.
Langkah 6 – Implementasi Kustomisasi Jika Anda perlu mengkustomisasi aspek toko atau menginstal plugin, ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya.
Langkah 7 – Pengujian Akhir Setelah semua kustomisasi selesai, lakukan pengujian akhir. Pengujian ini harus lebih ketat daripada pengujian sebelumnya. Kami merekomendasikan meminta perusahaan profesional untuk melakukan pengujian ini atas nama Anda. Jika itu bukan pilihan, minta sebanyak mungkin orang untuk menjelajahi situs web. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi masalah yang mungkin terlewatkan sebelumnya.
Langkah 8 – Go Live Terakhir, luncurkan situs web. Namun, ini tidak berarti tanggung jawab Anda telah berakhir. Sebaliknya, pantau situs web dan fokus pada perbaikan berkelanjutan.
Ini mengakhiri artikel kami tentang cara memigrasikan toko Magento Anda ke WooCommerce. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait panduan ini atau apa pun yang terkait dengan eCommerce, jangan ragu untuk bertanya kepada tim kami.